News MediaMitraPol

Wagub Sumut, Musa Rajekshah : Pemprov Siapkan Pergub Produk Lokal Masuk Ritel Modern, Musda VI DPD HIPPI,


MEDIAMITRAPOL.COM I SUMATERA UTARA - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) sedang menyiapkan Peraturan Gubernur (Pergub) tentang produk lokal masuk ritel modern  untuk melindungi dan membangkitkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Sehingga 30 – 40  % produk lokal yang dihasilkan UMKM diharapkan dapat dijual di gerai-gerai ritel modern.

“Kita sedang menyiapkan Pergub tentang produk lokal daerah, di mana produk lokal atau hasil kerajinan masyarakat bisa mengisi dan dijual oleh ritel modern,” kata Wakil Gubernur (Wagub) Sumut, Musa Rajekshah, Musyawarah Daerah (Musda) VI Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) di Hotel Le Polonia, Jalan Sudirman, Medan, Sabtu (2/11/2019). Sabtu (2/11).

Selain itu, kata Wagub, Pemprov Sumut juga akan membuat Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pangan. BUMD ini nantinya diharapkan bisa membeli hasil pertanian dan peternakan masyarakat. Juga mengontrol harganya di pasar, supaya harga hasil pertanian masyarakat bisa stabil dan tidak dijual ke luar Sumut, karena masyarakat masih membutuhkannya.

Apalagi saat ini, Pemprov Sumut sedang fokus membangun desa menata kota. Tentunya seluruh lapisan masyarakat mulai dari petani, peternak, hingga pelaku UMKM haruslah didukung oleh pemerintah.
“Industri UMKM perlu pendampingan dan dukungan pemerintah, kami juga berharap dengan begitu petani dan peternak juga merasakan dampaknya yang signifikan,” kata Musa Rajekshah.



Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) HIPPI Suryani Motik menyampaikan, HIPPI juga tidak bisa berjalan sendirian. Pemerintah dan organisasi pengusaha seperti HIPPI adalah mitra. Dunia usaha sangat tergantung dengan kebijakan yang dibuat oleh pemerintah. Oleh sebab itu, HIPPI harus bekerja sama dengan pemerintah daerah.



“Korelasinya secara positif sangat signifikan antara kebijakan yang dikeluarkan pemerintah dengan kemajuan dunia usaha,” Tutup Suryani. (Wes/Cal)

MediaMitraPol.com Designed by AzraMedia - MedanTemplateism.com Copyright © 2017

Theme images by Bim. Powered by Blogger.