News MediaMitraPol

Rektor UMSU Lantik Pengurus Pusat Kajian Budaya Melayu UMSU Periode 2020-2022, Wujudkan Komitmen Dan Kepedulian UMSU Dalam Pengembangan Budaya Berbasis Akademis

MEDIAMITRAPOL.COM, SUMATERA UTARA - Rektor UMSU Drs Agussani Map melantik pengurus Pusat Kajian Budaya Melayu UMSU Periode 2020-2022, Bertempat  di Aula Kampus Utama UMSI, Jl. Kapten Mukhtar Basri Medan, Kamis (30/1/2020.

Hadir dalam acara ini Anggota DPR RI Prof Dr Ir Djohar Arifin Husin, Utusan LSBO PP Muhammadiyah Mahyuddin A Mudra MA, Jajaran BPH UMSU, Sejumlah Rektor Perguruan Tinggi di Medan, Para tokoh dan pakar Melayu Indonesia dan negara tetangga, Direktur Pascasarjana UMM Malang, Jajaran Pimpinan UMSU tingkat universitas, Fakultas dan prodi, pimpinan lembaga dan puluhan mahasiswa UMSU

Di awal acara pelantikan Sekretaris UMSU Gunawan SPdI MTh membacakan SK Rektor UMSU tentangPembentukan dan Penetapan Susunan Kepengurusan Pusat Kajian Budaya Melayu UMSU Periode 2020-2022 yang terdiri dari 23 orang pengurus harian yang diketuai oleh Prof Dr Khairil Ansari dan Sekretaris Ade Gunawan SE MSi.

Dalam arahannya, Rektor UMSU Dr Agussani MAP yang bergelar Dato’ Tumenggung Tun Hasan mengatakan, pembentukan PKBM UMSU merupakan wujud dari komitmen dan kepedulian UMSU dalam upaya turut dalam pengembangan budaya dengan berbasis akademis. Agussani menjelaskan, bahwa inisiasi pembentukan PKBM UMSU tidak terlepas dari dorongan dari tokoh-toh melayu di Sumut. Dikatakannya, mengingat Melayu adalah salah satu etnis terbesar di Sumatera Utara, maka perlu dirasa ada pusat kajian tentang budaya Melayu.

“Setelah mengadakan rapat dengan pimpinan universitas dan melapor kepada PP Muhammadiyah untuk menambah satu pusat kajian, alhamdilillah diberi restu untuk kita dirikan,” terangnya. Selain itu, lanjut Agussani, pendirian PKBM ini juga merupakan bagian dari mimpi dari UMSU.“Kita berharap dengan terbentuknya Pusat kajian Budaya Melayu ini akan memberi manfaat dan kontribusi kepada kita semua,” tuturnya.

Tampil sebagai kaynote-speaker dalam Konfrensi Internasional ini Prof Dr Ir Djohar Arifin Husin (Anggota DPR RI) dan Prof Dr Awang Sariyan (Tokoh dan Pakar Melayu Malaysia).
Sedangkan yang jadi speaker hadir sejumlah pakar dari sejumlah Negara, yakni antara lain Prof Dr Mohammad Zain Musa (Kamboja), Dr. Suraiya Chapakiya (Thailand), Mahyuddin A Mudra MA (Indonesia), Dr Mohamed Noh Daipi (Singapura), Prof Dr Abdul Rasyid Jamain (Malaysia), Prof Dr Mahzan Arsyad (Malaysia) dan Dr Samsudin Suhaili (Indonesia).

Usai acara pengukuhan pengurus PKBM UMSU, acara dilanjutkan dengan kegiatan Konferensi Internasional dengan mengangkat tema “Tantangan Budaya. Bahasa dan Sastra Melayu di Era Disrupsi”.(
 

MediaMitraPol.com Designed by AzraMedia - MedanTemplateism.com Copyright © 2017

Theme images by Bim. Powered by Blogger.