News MediaMitraPol

Kerjasama, Rumkitban 01.08.03, BKAG dan Gereja Katolik Paroki Santo Petrus Vaksin 6000 Orang


MEDIAMITRAPOL.COM
, BATAM, KEPRI - Rumkitban 01.08.03 Batam, Badan Kerjasama Antar Gereja (BKAG) bekerjasama dengan Gereja Katolik Paroki Santo Petrus dan melaksanakan kegiatan vaksinasi kepada 6000 orang.

Kegiatan ini dilaksanakan dilaksanakan sebagai bentuk percepatan penanganan Covid 19 di wilayah Korem 033/WP dan Kodim 0316. Dan ini tertuang dalam Surat Perintah tanggal 28 Mei 2021 yang ditandatangani oleh Letkol Ckm Aloysius D.J Condro Nugroho, S.St.Ft, Komandan Denkesyah 01.04.05.

Vaksinasi gratis dilaksanakan sebagai bentuk percepatan penadatanganan Covid 19 diwilayah ditujukan kepada Masyarakat Umum dan Pelayan Publik.


Pjs. Ka. Klinik Pratama Rumkitban 01.08.03 Batam, Letda Ckm Ondri Hartono Piliang menjelaskan bahwa pelaksanaan kegiatan vaksinasi gratis selama seminggu lebih kedepan ini akan di berikan kepada 6000 orang.

“Pelaksanaan vaksinasi ini akan diberikan kepada 6000 orang mulai tanggal 29 Mei hingga 7 Juni 2021. Pemberian vaksin ini gratis tanpa dipungut biaya apapun”, jelas Letda Ckm Ondri Hartono Piliang kepada media. (29/5/202)

Gedung serba guna Gereja Katolik Santo Petrus yang terletak di daerah Lubuk Baja dipakai sebagai tempat pemberian vaksin kepada Masyarakat Umum dan Pelayan Publik yang berasal dari seluruh wilayah Kota Batam.

Jenis vaksin yang disuntikkan oleh petugas Vaksinator Rumkitban 01.08.03 Batam kepada peserta penerima vaksin pada hari ini adalah vaksin AstraZeneca.

Usia peserta yang akan mendapatkan vaksin berkisar dari antara 18 tahun hingga 60 tahun. Bagi peserta yang berusia 18 tahun sudah harus memiliki KTP. Usia tertua peserta yang mendapatkan suntikan vaksin hari ini berusia 50 tahunan. 

Peserta penerima suntikan vaksin pertama akan mendapat suntikan vaksin kedua kalinya pada dua belas minggu kedepan.

Kegiatan pemberian vaksinasi di Gedung Aula Serbaguna Gereja Katolik Santo Petrus yang akan berlangsung seminggu lebih ini, sepenuhnya ditangani oleh Petugas vaksin RUMKITBAN 01.08.03 BATAM. Delapan belas petugas vaksinator dari Rumkitban 01.08.03 dikerahkan dalam pelaksanaan pemberian vaksin kepada masyarakat umum dan pelayan Publik.

“Total jumlah tenaga petugas vaksinator yang diturunkan Rumkitban 01.08.03 Batam dalam kegiatan pemberian vaksin ini sebanyak delapan belas orang. Perinciannya empat orang pelaksana penyuntikan vaksin, empat orang petugas pendaftaran, tiga orang petugas pelaporan dan tujuh orang bagian screening atau bagian pemeriksa suhu tubuh”

Kegiatan vaksinasi di hari pertama dilaksanakan mulai pukul 8:15 pagi hari. Dan hingga pukul 11 siang jumlah peserta yang sudah mendapatkan vaksin sekitar 470 orang. Diharapkan hingga sore hari nanti seribu peserta penerima vaksin akan dapat tercapai.

Adapun pihak-pihak yang turut serta menyukseskan kegiatan vaksinasi adalah Badan Kerjasama Antar Gereja (BKAG), Rumkitban 01.08.03 Batam sebagai pelaksana, POM Batam sebagai pengawas, Kodim Batam, Babinsa  dan Kepolisian sebagai pengamanan.


Selanjutnya. Letda Ckm, Ondri Hartono Piliang, Pjs. Ka. Klinik Pratama Rumkitban 01.08.03, menjelaskan kepada media mengenai prokes yang diterapkan selama kegiatan vaksinasi dilaksanakan.

“Peserta yang akan mengikuti kegiatan vaksinasi pertama sekali dicheck suhu dan mencuci tangan. Kemudian mendaftarkan diri kepada panitia. Kembali peserta cuci tangan dan dichek suhu. Peserta kemudian menuju ruang tunggu sambil menunggu nomor tunggu dipanggil. Setelah mendapatkan screening, selanjutnya peserta memasuki ruangan vaksin. Setelahnya masuk kedalam pendaftaran dan pelaporan kepada petugas. Selanjutnya pasien beristirahat selama 30 menit untuk melihat gejala atau reaksi yang timbul setelah mendapatkan suntikan vaksin. Bila tidak ditemukan gejala apapun, maka pasien akan diperbolehkan pulang.”

Letda Ckm, Ondri Hartono Piliang, Pjs. Ka. Klinik Pratama Rumkitban 01.08.03, menjelaskan kepada media bila selama pelaksanaan vaksinasi selama seminggu lebih kedepan ini terjadi kekurangan vaksin, Rumkitban Batam akan berkoodinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Batam.

“Rumkitban Batam akan segera berkoordinasi dengan pihak Dinas Kesehatan Kota Batam bila seandainya dalam pelaksanaan kegiatan vaksinasi ini terjadi kekurangan vaksin”

Pjs. Ka. Klinik Pratama Rumkitban 01.08.03 Batam mengakhiri pembicaraan dengan media dengan menjelaskan bahwa tidak ada ditemukan gejala apapun pada keseluruhan peserta yang mendapatkan vaksin pada hari ini dan selepas kegiatan dari sini Rumkitban Batam juga akan melaksanakan vaksinasi secara gratis di Klinik Pratama Rumkitban 01.08.03 Batam, Jl. Pasar Angkasa Bengkong Kodim Batam. 

Wakapolsek Lubuk Baja, AKP Felix terlihat juga sedang berada di Aula Serbaguna Gereja Santo Petrus,  AKP Felix memaaparkan kepada media bahwa kehadiran pihak Kepolisian dalam kegiatan pemberian vaksianasi hari ini adalah untuk membantu menyukseskan kelancaran kegiatan vaksin, memantau protokol kesehatan dan juga untuk memastikan semua peserta penerima vaksin juga tetap menjaga jarak sesuai dengan protokol kesehatan. 

“Kehadiran lima tenaga personil Kepolisian dari Polsek Lubuk Baja  dalam keigiatan pemberian vaksinsi di Gedung Aula Serbaguna hari ini adalah untuk membantu menyukseskan kelancaran kegiatan vaksin, memantau protokol kesehatan dan juga untuk memastikan semua peserta penerima vaksin juga tetap menjaga jarak sesuai dengan protokol kesehatan.”

Polsek Lubuk Baja menugaskan tiga puluh personel untuk dua kegiatan vaksin di Gedung Aula Serba Guna Gereja Santo Petrus dan di Nagoya Hill. 

“Pemerintah-TNI-POLRI-LSM dan seluruh lapisan masyarakat turut bersama-sama bahu-membahu untuk mencegah penyebaran virus Covid 19 ini”, katanya kepada media.


(Red/Yophie.H)

MediaMitraPol.com Designed by AzraMedia - MedanTemplateism.com Copyright © 2017

Theme images by Bim. Powered by Blogger.